Tuesday, May 25, 2021

Pendapat Siswa terhadap Pembelajaran Online

 Hana Fahira (15) XI IPS 2


        Sejak April 2020 Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau pembelajaran secara online/daring telah diterapkan di Indonesia karena pandemi COVID-19 yang berlangsung. PJJ yang diberlakukan mempunyai sisi positif dan sisi negatif. 

        Menurut saya sisi positif dari diberlakukannya PJJ ini adalah bahwa karena pembelajaran dilakukan hingga sampai jam 12, maka saya bisa memanfaatkan sisa waktu untuk melakukan hal-hal yang produktif seperti belajar, membantu orang tua, berolahraga dan lainnya. Lalu, karena PJJ menuntut kita untuk menggunakan media online, maka hal ini juga menambah wawasan dan skill saya mengenai penggunaan media online. PJJ membuat saya mengetahui banyak sumber-sumber di internet untuk mendapatkan materi pelajaran. 

        Namun, ada juga sisi negatif dari PJJ, yaitu rentan dengan adanya gangguan atau hambatan, contohnya seperti saat zoom terjadi gangguan wifi atau tidak dapat sinyal, hal ini membuat siswa dapat tidak mengikuti pelajaran. Selain itu, menurut saya jumlah tugas yang diberikan juga lebih banyak daripada saat bersekolah tatap muka. Dalam PJJ beberapa guru lebih cenderung memberikan tugas daripada menjelaskan materi. Bagi saya hal ini wajar karena baik guru dan siswa juga membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan metode belajar yang baru ini. Selain itu fleksibelnya waktu yang diberikan oleh PJJ seharusnya membuat siswa lebih inisiatif untuk belajar mandiri, tidak menunggu guru menjelaskan materi.

    Saran saya adalah untuk para siswa supaya lebih sadar dan berinisiatif untuk belajar mandiri dari berbagai sumber. Serta untuk meningkatkan semangat belajar dan mempergunakan fasilitas yang ada serta waktu dengan sebaik-baiknya.

Terima kasih


No comments:

Post a Comment